Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Tanpa Membaca Injil Sulit Memahami Al-Qur’an

Kafir Kristen pemuja Yesus menganggap sulit memahami Al-Qur’an tanpa membaca Injil. Dalam Al-Qur’an ada banyak tokoh yang sama dengan tokoh yang ada dalam Bible. Demikian pula terdapat banyak kisah atau peristiwa yang menyerupai kisah atau peristiwa yang tertulis di dalam Bible. Dalam Bible banyak diceritakan Nabi-nabi dan kisah-kisah atau peristiwa-peristiwa. Hanya saja, Al-Qur’an mengisahkannya terlalu singkat, terlalu sederhana dan tidak lengkap, jauh jika dibandingkan dengan apa yang dikisahkan oleh Bible. sulit untuk memahami jalan cerita atau kisahnya. Informasi yang diberikan Al-Qur’an sangat sedikit. Tidak lengkap. Belum lagi dari segi urutan waktunya. Al-Qur’an dalam mengisahkannya tidak mengikuti alur kronologis atau urutan waktu sejarah.

Jika kafir Kristen pemuja Yesus ingin tahu, itulah bedanya Al-Qur’an dengan Bible. Kisah dan peristiwa dalam Al-Qur’an diceritakan dengan singkat dan tidak mengikuti kronologi urutan waktu sejarah, karena Al-Qur’an bukanlah kitab sejarah. Anda pasti pernah membaca buku sejarah, bukan? Kisah-kisahnya ditulis panjang lebar dan lengkap dengan mengikuti alur kronologi atau urutan waktu sejarah, itulah ciri dari buku sejarah. Al-Qur’an tidak menceritakan kisah dan peristiwa di dalamnya dengan lengkap dan mengikuti alur kronologis atau urutan waktu sejarah sebagaimana Bible, karena Al-Qur’an adalah firman Allah SWT. Ada pun ketika Allah SWT mengisahkan seorang Nabi, orang-orang shaleh atau orang-orang durhaka, tidak lain tujuannya agar kisah-kisah tersebut dapat di ambil pelajaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman yang artinya;

Maka tatkala mereka membuat Kami murka, Kami menghukum mereka lalu kami tenggelamkan mereka semuanya (di laut), dan Kami jadikan mereka sebagai pelajaran dan contoh bagi orang-orang yang kemudian. (Az-Zukhruf: 55-56)

Bible memang banyak menceritakan tokoh-tokoh dengan lengkap, bahkan menyebutkan banyak nama sampai anak cucu. Bible juga banyak menceritakan kisah-kisah dan peristiwa dengan cukup detail. Namun selain tidak jelas pelajaran seperti apa yang di dapat dengan penyebutan nama-nama dan kisah-kisah atau peristiwa yang diceritakan dalam Bible. Kisah-kisah yang tertulis dalam Bible Perjanjian Lama sangat mungkin bukanlah firman Tuhan. Kisah-kisah yang tertulis dalam Bible kemungkinan besar ditulis sendiri oleh orang-orang Yahudi dari cerita-cerita turun-temurun, dongeng dan sejarah bangsa Israel. Mirip bagaimana orang-orang yang hidup ratusan tahun setelah Yesus, menulis perjalanan Yesus dalam memberitakan Injil. Banyaknya ayat-ayat Bible Perjanjian Lama yang menyatakan kisah dan peristiwa yang diceritakan tertulis juga dalam kitab sejarah, menjadi bukti jikalau sebagian kisah-kisah dalam Perjanjian Lama berasal dari kitab sejarah bangsa Israel. Ayat-ayat yang saya maksud dapat anda baca di bawah ini;

1Raja 14:19  Selebihnya dari riwayat Yerobeam, bagaimana ia berperang dan bagaimana ia memerintah, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.

1Raja 14:29  Selebihnya dari riwayat Rehabeam dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

1Raja 15:7  Selebihnya dari riwayat Abiam dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? Dan ada perang antara Abiam dan Yerobeam.

1Raja 15:23  Selebihnya dari seluruh riwayat Asa dan segala kepahlawanannya dan segala yang dilakukannya dan kota-kota yang diperkuatnya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? Tetapi pada masa tuanya ia menderita sakit pada kedua kakinya.

1Raja 15:31  Selebihnya dari riwayat Nadab dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 16:5  Selebihnya dari riwayat Baesa dan apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 16:14  Selebihnya dari riwayat Ela dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 16:20  Selebihnya dari riwayat Zimri dan persepakatan yang diadakannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 16:27  Selebihnya dari riwayat Omri, apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 22:39  Selebihnya dari riwayat Ahab dan segala yang dilakukannya serta istana gading dan segala kota yang didirikannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Raja 22:45  (22-46) Selebihnya dari riwayat Yosafat dan kepahlawanan yang dilakukannya dan bagaimana ia berperang, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 1:18  Selebihnya dari riwayat Ahazia, apa yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 8:23  Selebihnya dari riwayat Yoram dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 10:34  Selebihnya dari riwayat Yehu dan segala yang dilakukannya dan segala kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 12:19  Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 13:8  Selebihnya dari riwayat Yoahas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 13:12  Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 14:15  Selebihnya dari riwayat Yoas, apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya dan bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 14:18  Selebihnya dari riwayat Amazia, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 14:28  Selebihnya dari riwayat Yerobeam dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang, dan bagaimana ia mengembalikan Damsyik dan Hamat-Yehuda ke dalam Israel, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 15:6  Selebihnya dari riwayat Azarya, dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 15:11  Selebihnya dari riwayat Zakharia, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.

2Raja 15:15  Selebihnya dari riwayat Salum dan persepakatan yang diadakannya, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.

2Raja 15:21  Selebihnya dari riwayat Menahem dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Raja 15:26  Selebihnya dari riwayat Pekahya dan segala yang dilakukannya, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.

2Raja 15:31  Selebihnya dari riwayat Pekah dan segala yang dilakukannya, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.

2Raja 15:36  Selebihnya dari riwayat Yotam, apa yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 16:19  Selebihnya dari riwayat Ahas dan apa yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 20:20  Selebihnya dari riwayat Hizkia, segala kepahlawanannya dan bagaimana ia membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 21:17  Selebihnya dari riwayat Manasye, segala yang dilakukannya dan dosa-dosa yang diperbuatnya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 21:25  Selebihnya dari riwayat Amon, apa yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 23:28  Selebihnya dari riwayat Yosia dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Raja 24:5  Selebihnya dari riwayat Yoyakim dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

Nehemia 12:23  Kepala-kepala kaum keluarga anak-anak Lewi tercatat dalam kitab sejarah sampai zaman Yohanan bin Elyasib.

Ester 10:2  Segala perbuatannya yang hebat serta gagah dan pemberitaan yang seksama tentang kebesaran yang dikaruniakan raja kepada Mordekhai, bukankah semuanya itu tertulis di dalam kitab sejarah raja-raja Media dan Persia?    

Memang wajib bagi seorang Muslim untuk beriman terhadap kitab-kitab yang Allah SWT turunkan kepada para Nabi. Seorang Muslim tidak dapat di anggap benar-benar beriman jika tidak beriman terhadap kitab-kitab yang Allah SWT turunkan sebelum Al-Qur’an. Ayat ada banyak dalam Al-Qur’an, salah satu di antaranya adalah;

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Al-Baqarah: 136)

Kafir Kristen pemuja Yesus sering kali salah ketika menemukan ayat-ayat seperti di atas. Mereka berpikir seorang Muslim harus membenarkan semua yang disebutkan dalam Taurat dan Injil karena Al-Qur’an mengharuskan seorang Muslim untuk beriman terhadap kitab-kitab sebelum Al-Qur’an. Padahal iman seorang Muslim terhadap kitab-kitab sebelum Al-Qur’an tidak mengharuskannya membenarkan semua ayat yang ada dalam Taurat dan Injil. Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Nabi. Sedangkan semua isi dari kitab-kitab tersebut tidak harus dipercayai sebagai kebenaran. Ayat-ayat dalam kitab-kitab sebelum Al-Qur’an tidak dibenarkan dan tidak didustakan dalam Islam. Tidak boleh didustakan, karena bisa jadi itu benar, dan tidak dibenarkan, karena bisa jadi itu dusta. Hal tersebut berdasarkan Hadits Shahih berikut;

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami 'Utsman bin 'Umar Telah mengabarkan kepada kami 'Ali Al Mubarak dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; "Orang-orang ahlu kitab membaca Taurat dengan bahasa Ibrani dan menjelaskannya kepada orang-orang Islam dengan bahasa arab. Melihat hal itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Janganlah kalian mempercayai ahlu kitab dan jangan pula mendustakannya. Tetapi ucapkanlah; "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang telah diturunkan kepada kami. (Al Baqarah; 136).' (Shahih Bukhari: 4125)

Tetapi dibolehkan menceritakan kisah-kisah Bani Israil yang tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits Nabi, tanpa untuk tujuan diimani dan dibenarkan atau didustakan.

Telah bercerita kepada kami Abu 'Ashim adl-Dlahhak bin Makhlad telah mengabarkan kepada kami Al Awza'iy telah bercerita kepada kami Hassan bin 'Athiyyah dari Abi Kabsyah dari 'Abdullah bin 'Amru bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sampaikan dariku sekalipun satu ayat dan ceritakanlah (apa yang kalian dengar) dari Bani Isra'il dan itu tidak apa (dosa). Dan siapa yang berdusta atasku dengan sengaja maka bersiap-siaplah menempati tempat duduknya di neraka". (Shahih Bukhari: 3202).

Umumnya, kisah-kisah yang terdapat dalam Bible tidak memiliki banyak manfaat penting dalam agama. Hanya sebatas cerita atau dongeng. Yang jika diketahui pun, tidak menambah amal kita. Tidak tepat jikalau kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan sulit memahami Al-Qur’an tanpa membaca Bible. Karena Al-Qur’an bukanlah kitab sejarah yang isinya harus di tulis lengkap dan harus mengikuti alur kronologis atau urutan waktu sejarah agar mudah dipahami. Buktinya, kami sama sekali tidak merasa kesulitan dalam menjalankan kewajiban-kewajiban beragama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanpa Membaca Injil Sulit Memahami Al-Qur’an"

Post a Comment

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.