Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Nabi Islam: Wanita Godaan Yang Dahsyat Atau Perhiasan Dunia!?

Hampir seluruh umat Muslim (khususnya kaum pria) percaya bahwa Nabi Islam telah mengangkat derajat wanita. Benarkah demikian? Dengan melihat dua hadits berikut, akan menolong Anda untuk memahami bagaimana pandangan Nabi Islam terhadap kaum wanita.

Wanita Sumber Dosa!

Kafir Kristen pemuja Yesus menulis: Nabi Islam pernah berkata: "Tidaklah aku meninggalkan suatu fitnah setelahku yang lebih dahsyat bagi kaum laki-laki melebihi fitnah wanita." (Hadits al-Bukhari, 5096). Menurut penafsir kata “fitnah” di sini berarti godaan yang berbahaya. Lewat hadist di atas, seakan-akan nabi Islam berkata bahwa wanita merupakan godaan yang dahsyat bagi pria. Juga, wanita merupakan ciptaan Allah yang berbahaya pada kaum pria. Benarkah demikian?

Jawaban Saya: Telah menceritakan kepada kami Adam Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Sualaiman At Taimi ia berkata; Aku mendengar Abu Utsman An Nahdi dari Usamah bin Zaid radliallahu 'anhuma berkata; dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tidaklah aku meninggalkan suatu fitnah setelahku yang lebih dahsyat bagi kaum laki-laki melebihi fitnah wanita." (Shahih Bukhari 4706)

Hadits ini tidak berlebihan. Karena fakta memang telah membuktikan. Meskipun wanita diciptakan dengan keterbatasannya, namun betapa banyak para penguasa jatuh tersungkur dalam jeratnya. Tidak sedikit seorang miliader kaya raya nekad berbuat korupsi demi istri tercinta. Tidak jarang darah tertumpah, pedang terhunus, karena wanita. Betapa banyak orang waras dengan akal yang sempurna menjadi gila gara-gara wanita. Bahkan sering kita jumpai seorang laki-laki rela bunuh diri demi wanita. Atau yang lebih parah dari itu semua entah berapa orang mukmin yang mendadak berubah menjadi kafir gara-gara wanita. Pantaslah jika rasulullah mengatakan fitnah wanita adalah fitnah yang luar biasa.

Hadits tersebut bukan dimaksudkan untuk mendiskreditkan para wanita. Apa lagi sampai menganggap mereka makhluk yang menjadi sumber petaka, jahat dan keji. Tidak sama sekali. Hadits tersebut mengabarkan bahwa di balik keterbatasan wanita tersimpan potensi yang sangat luar biasa untuk menggoda serta membinasakan laki-laki yang kuat perkasa. Oleh karena itu, hendaklah setiap wanita berusaha menjaga diri. Jangan sampai ia menyebabkan para lelaki berpaling dari Allah SWT atau menyebabkan mereka bermaksiat kepada Allah. Baik itu suaminya, orang tuanya, saudaranya, ataupun orang lain. Maka sangat beralasan jika Paulus memerintahkan agar wanita berdandan yang pantas, sopan dan sederhana, tidak boleh memakai emas, mutiara atau pakaian yang mahal-mahal. Bahkan Paulus juga melarang wanita mengajar, berbicara di dalam jemaat.

Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal (1Timotius 2:9)  

Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh. Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri. (1Timotius 2:11-12)

Wanita Hadiah dari Allah

Kafir Kristen pemuja Yesus menulis: Kaum wanita adalah ciptaan Allah yang bagus dan mulia! Bukan godaan! Bukan berbahaya! Salah satu hadist menuliskan, “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah” (HR. Muslim no. 1467). Semua orang mengakui wanita itu cantik. Senyumnya manis, berbudi pekerti tinggi, baik hati, takwa dan saleh. Mereka adalah hadiah dari Allah. Allah menjadikan kecantikannya, karakternya dan kesalehannya sebagai perhiasan dunia! Sehingga semua orang mengagumi keindahan wanita.

Jawaban Saya: Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Abdullah bin Numair Al Hamdani telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid telah menceritakan kepada kami Haiwah telah mengabarkan kepadaku Syurahbil bin Syarik bahwa dia pernah mendengar Abu Abdurrahman Al Hubuli telah bercerita dari Abdullah bin 'Amru bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah." (Shahih Muslim: 2668)

Dalam hadits tersebut Nabi Muhammad SAW menyatakan dunia adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah. Hanya wanita shalehah yang disebut oleh Rasulullah SAW sebagai sebaik-baiknya perhiasan dunia, bukan semua wanita. Dan salah satu ciri dari wanita shalehah adalah  dapat menjaga dirinya sehingga tidak menyebabkan para lelaki berpaling dari Allah SWT atau menyebabkan mereka bermaksiat kepada Allah. Jadi sangat salah kalau kafir Kristen pemuja Yesus mengutip hadits tersebut untuk menegaskan bahwa wanita bukan fitnah dahsyat bagi laki-laki. Hadits tersebut justru memperkuat hadits sebelumnya. Kafir Kristen pemuja Yesus juga salah ketika  mengatakan semua wanita itu berbudi pekerti tinggi, baik hati, takwa dan saleh. Saya tidak perlu menjelaskan lebih lanjut mengapa tidak semua wanita berbudi pekerti tinggi, baik hati, takwa dan saleh, karena kita semua tahu akan hal itu.

Pria Berdosa, Wanita yang Salah?

Kafir Kristen pemuja Yesus menulis: Jika kaum pria tergoda, bukan karena kaum wanita. Melainkan karena dosa yang ada dalam dirinya. Kitab Suci Allah mengajarkan, “Segala sesuatu adalah suci bagi orang-orang yang suci, tetapi bagi orang-orang yang tidak suci . . . tidak ada satu hal pun yang suci, karena pikiran serta isi hati mereka pun kotor (Injil, Surat Titus 1:15 – KIS). Isa Al-Masih juga berkata, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya” (Injil, Rasul Besar Matius 5:28). Kaum pria diperintahkan Al-Quran untuk “menahan pandangannya” supaya tidak melihat wanita (Qs. 24:30). Bukankah lebih baik kalau dapat melihat seorang wanita dengan mata suci?

Jawaban Saya: Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan jika kaum pria tergoda itu bukan karena kaum wanita, tapi karena dosa yang ada dalam dirinya. Tapi pernyataan tersebut bertentangan dengan kisah Adam dan Hawa yang ada di dalam Bible Perjanjian Lama. Hawa dikisahkan terbujuk oleh ular untuk memakan buah yang dilarang oleh Tuhan. Buah terlarang bukan hanya di makan sendiri, tetapi Hawa juga memberikan buah tersebut kepada Adam. Dengan kasa mata terlihat, Adam berdosa karena sebab Hawa yang memberikan buah yang dilarang Tuhan.

Al-Qur’an memang memerintahkan laki-laki yang beriman untuk menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan; Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (An Nuur: 30)

Tetapi wanita juga diperintahkan untuk menahan pandangan dan kemaluan, serta harus berhijab; Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka... (An Nuur: 31)

Sama halnya dengan yang ada di Bible Perjanjian Baru. Yesus menganggap laki-laki yang memandang wanita dan menginginkannya, dia telah berzina di dalam hatinya (Matius 5:28), tetapi di ayat lainnya Paulus juga memerintahkan wanita untuk memerintahkan agar wanita berdandan yang pantas, sopan dan sederhana, tidak boleh memakai emas, mutiara atau pakaian yang mahal-mahal. Bahkan Paulus juga melarang wanita mengajar, berbicara di dalam jemaat.

Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal (1Timotius 2:9)  

Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh. Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri. (1Timotius 2:11-12)
   
Memang harus imbang. Bukan hanya laki-laki atau hanya wanita saja yang harus menahan pandangan dan menjaga kemaluan, tetapi kedua-duanya harus menahan pandangan dan menjaga kemaluan. Jadi sangat salah kaprah kalau kafir Kristen pemuja Yesus hanya membebankan aturan agama hanya kepada laki-laki. Sekuat apa pun laki-laki dalam menjaga pandangan dan kemaluan, tapi kalau wanitanya selalu buka-bukaan di depannya, pasti akan bobol juga pandangan dan kemaluan laki-laki. Tampaknya kafir Kristen penulis artikel adalah seorang wanita. Terlihat sekali tulisannya memojokkan laki-laki.

Bagaimana Terhindari dari Dosa Zinah?

Kafir Kristen pemuja Yesus menulis: Bila Anda seorang pria dan berpikir wanita adalah sumber dosa dan godaan besar. Anda salah! Agar Anda terhindar dari dosa zinah, bukan menyingkirkan wanita. Melainkan membersihkan hati Anda dari akar dosa. Yaitu dengan cara menerima “hati baru” dari Isa Al-Masih. Sebab “Dia [Isa Al-Masih] telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya”(Injil, Surat Roma 3:15).

Jawaban Saya: Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan bahwa untuk terhindar dari perbuatan zina, kita harus membersihkan hati dengan cara menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat. Apakah cara tersebut berhasil? Sama sekali tidak! Bagaimana dikatakan berhasil kalau surat kabar Italia La Republica yang terbit di Vatikan pada hari rabu, 21-3 -2001 mengabarkan tentang banyaknya kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan biarawati yang dilakukan oleh pastur dan uskup di gereja Katolik, lalu mereka memaksa para biarawati itu agar menggugurkan kandungannya untuk mencegah terbongkarnya skandal. Dan sekitar 3000 pendeta lainnya menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nabi Islam: Wanita Godaan Yang Dahsyat Atau Perhiasan Dunia!?"

Post a Comment

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.