Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Tiga Langkah Keselamatan

Jika dalam situs sebelah anda di minta untuk menempuh lima langkah untuk mencapai keselamatan. Di sini, anda cukup menjalankan tiga langkah untuk mencapai keselamatan. Apa saja itu?
Langkah Pertama: Mengucap Dua Kalimat Syahadat
Mengucap dua kalimat syahadat adalah rukun Islam yang pertama. Seseorang secara sah dapat di sebut sebagai seorang Muslim jika dia sudah mengucap dua kalimat syahadat. Ucapan dua kalimat syahadat itu adalah: Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasulullah. Arti dari kaliamat ini adalah: Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan selain Allah dan saya bersaksi Muhammad adalah rasul (utusan) Allah. 
Kenapa harus bersyahadat atau masuk Islam dahulu jika anda ingin mencapai keselamatan? Ya, itu karena: 
- Hanya agama Islam yang di ridha oleh Allah, 
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam(Ali 'Imran: 19)
- Hanya agama Islam yang diterima oleh Allah,
Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi(Ali 'Imran: 85)
- Hanya agama Islam yang dapat membawa anda mencapai keselamatan,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka.(Shahih Muslim 218).
Langkah Kedua: Beramal Saleh
Langkah selanjutnya yang tak kalah penting setelah anda bersyahadat adalah beramal saleh. Apa itu amal saleh? Amal saleh adalah segala perbuatan dan tingkah laku yang Allah cintai dan ridhai. Amal saleh mencakup melakukan perbuatan (Al-fi'l), seperti Shalat, maupun meninggalkan perbuatan (At-tark), seperti meninggalkan zina.
Kenapa harus mengerjakan amal saleh jika anda ingin mencapai keselamatan? Ya, itu karena kalimat iman selalu bergandengan dengan kalimat mengerjakan amal saleh. Contoh ayat:
Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. (Al Baqarah: 25)  
Langkah Ketiga: Istiqamah Dalam Iman
Langkah terakhir yang anda harus lakukan jika ingin mencapai keselamatan adalah istiqamah dalam keimanan. Yang dimaksud dengan istiqamah dalam keimanan adalah teguh berpegang pada keimanan yang benar, tidak menyimpang aqidahnya atau tidak mencampur adukkan keimanan dengan kesyirikan.
Kenapa harus istiqamah dalam keimanan jika anda ingin mencapai keselamatan? Ya, itu karena perbuatan syirik akan merusak iman dan membuat amal saleh yang anda kerjakan akan sia-sia.
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk(Al An'aam: 82) 

Nah, itulah tiga langkah keselamatan yang jika anda lakukan dengan benar akan membawa anda kepada keselamatan. Jika anda sudah menjalankan ketiga langkah di atas, tetapi setelah mati ternyata anda masih masuk neraka, silakan kembali ke sini dan ngomong kepada saya. (hehehe, bercanda...) 

0 Response to "Tiga Langkah Keselamatan"

Post a Comment

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.