Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Pria Yang Paling Keji

Sergius III pernah dideskripsikan sebagai sumber dari 'kebencian yang tak terhingga di antara para pelacur' dan 'budak dari setiap kejahatan dan merupakan pria yang paling keji.' Kehidupan Pribadi maupun kehidupan publik sebagai paus telah dikatakan sebagai sebuah prosesi panjang dari skandal dan dekadensi yang meliputi pembunuhan salah satu atau kemungkinan dua orang paus. Sepertinya Sergius telah memerintahkan pembunuhan dari paus Leo V dan juga antipaus Kristofer yang dicekik dalam penjara pada tahun 904 Masehi. Setelah itu, jalan telah terbuka bagi Sergius untuk menjadi paus. Tiga tahun kemudian, ia mendapat seorang kekasih, Marozia, yang diserahkan oleh ibunya, Theodora, kepada Sergius ketika baru berusia lima belas tahun. Sergius berusia tiga puluh tahun lebih tua dari Marozia tetapi ia telah menginginkan gadis itu selama sembilan tahun sejak mereka pertama kali bertemu dalam Sidang Jenazah yang mengerikan pada tahun 897 Masehi. Bahkan pada usia yang begitu dini, Marozia sudah memiliki daya tarik seksual yang kuat dan meskipun ia belum menjadi kekasih Sergius, pria ini tidak pernah melupakannya. Sergius dan Marozia memiliki anak yang kelak menjadi Paus Yohanes XI sehingga membuat Sergius menjadi satu-satunya paus yang tercatat memiliki anak yang menjadi paus juga. Sedangkan bagi Morozia, hubungan empat tahunnya dengan Paus Sergius yang meninggal pada tahun 911 Masehi, telah memungkinkan dirinya untuk mencicipi rasa dari kekuasaan kepausan dan membuatnya mencari jalan untuk menciptakan paus-paus lagi.      


(Sumber: Sejarah Gelap Para Paus)

0 Response to "Pria Yang Paling Keji"

Post a Comment

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.