Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Apa Benar Allah Itu Bukan Tiga?


Kafir Kristen yang satu ini sedikit berbeda dalam menjelaskan Tuhan yang disembah oleh orang-orang Kristen. Ketika menjelaskan masalah Tuhan yang mereka sembah, pada umumnya kafir Kristen akan menjelaskan bahwa Tuhan Bapa, Tuhan Putra, dan Tuhan Roh Kudus bukanlah tiga Tuhan, tetapi satu Tuhan. Pada umumnya kafir Kristen pemuja Yesus tidak menampik jika Bapa, Putra dan Roh Kudus adalah Tuhan yang sehakikat. Yang mereka tolak adalah penyebutan Bapa, Putra dan Roh Kudus sebagai tiga Tuhan. Mereka maunya orang-orang non Kristen, khususnya yang Muslim, mengatakan Tuhan yang disembah oleh orang-orang Kristen adalah satu, bukan tiga. Walaupun demikian, faktanya Tuhan yang mereka sembah memang ada tiga, yakni Tuhan Bapa, Tuhan Putra, dan Tuhan Roh Kudus. Kafir Kristen pemuja Yesus juga tidak sekalipun mampu menjelaskan bagaimana tiga Tuhan yang mereka imani tersebut dapat disebut sebagai Tuhan Yang Esa.

Menyelisihi kebanyakan saudara-saudaranya yang kafir, kafir Kristen yang satu ini sama sekali tidak tertarik menjelaskan Tuhan yang disembah oleh orang-orang Kristen. Tidak ada penjelasan bagaimana Tuhan Bapa, Tuhan Putra, dan Tuhan Roh Kudus dalam agama Kristen bukanlah tiga Tuhan, tetapi satu Tuhan. Kafir Kristen satu ini hanya sibuk mempermasalahkan umat Islam yang disebutnya menuduh orang-orang Kristen mempunyai tiga Tuhan. Menurutnya “tuduhan” umat Islam tersebut salah, karena setelah mempelajari dan menyelidiki kitab “suci” Kristen, dia tidak menemukan satu ayat pun yang menyebutkan bahwa Allah ada tiga. Juga tidak ada satu ayat pun yang menuliskan bahwa umat Nasrani berkata Allah ada tiga. Justru tidak sedikit, katanya, ayat-ayat di dalam Kitab “Suci” Kristen yang dengan tegas menyebutkan bahwa Allah hanya satu. Bahwa Allah itu Esa. Di antaranya disebutkan dalam Ulangan 6 : 4 ; Maleakhi 2 : 15 ; Markus 12 : 29 ; Yohanes 5 : 44 ; 1 Korintus 8 : 4 ; 1 Tim 1 : 17 ; 1 Tim 2 : 5 ; Yudas 1 : 25.

Memang benar. Tidak sekalipun ayat dalam Bible menyatakan Tuhan ada tiga. Semua ayat dalam Bible menyatakan Allah adalah satu. Oleh karenanya, banyak di antara kami umat Islam yang mengutip sebagian ayat-ayat tersebut untuk mencoba menyadarkan orang-orang Kristen, bahwa Allah adalah satu, bukan tiga. Kami melakukannya karena kafir Kristen pemuja Yesus menyatakan ada Tuhan selain Bapa, yaitu Putra dan Roh Kudus. Biarpun tidak ada satu ayat dalam Bible yang menyatakan Tuhan ada tiga, tetapi bapa-bapa Gereja tetap menambahkan Yesus dan Roh Kudus sebagai Tuhan selain dari Bapa. Ada banyak ayat dalam Injil Kristen yang digunakan oleh bapa-bapa Gereja untuk menjadikan Yesus dan Roh Kudus sebagai Tuhan selain Bapa. Bapa-bapa Gereja menganggap Yesus adalah Tuhan karena dia: di anggap firman yang menjelma menjadi manusia (Yohanes 1:1, 14), di anggap dapat mengampuni dosa (Matius 9:6), di anggap dapat menghidupkan orang mati (Yohanes 11:43), di anggap satu dengan Bapa (Yohanes 10:30), di anggap menciptakan apa yang ada di langit dan di bumi (Kolose 1:16), dan alasan-alasan lainnya, bahkan mereka tanpa rasa malu mengutip juga ayat-ayat Al-Qur’an untuk membenarkan ketuhanan Yesus. Sedangkan Roh Kudus di anggap sebagai Tuhan karena mendustai Roh Kudus disamakan dengan mendustai Allah (Kisah Rasul 5:3-4).

Jadi benar memang dalam Bible tidak pernah disebutkan Tuhan ada tiga. Akan tetapi bapa-bapa Gereja telah mengajarkan bahwa Tuhan bukan hanya Bapa, tetapi juga Yesus dan Roh Kudus. Agar tidak bertentangan dengan banyaknya ayat-ayat Bible yang menyatakan Tuhan itu satu, bapa-bapa Gereja tidak lupa juga mengajarkan ketiga Tuhan tersebut, yaitu Bapa, Putra (Yesus) dan Roh Kudus adalah satu. Mereka menyebutnya dengan istilah Trinitas atau Tritunggal. Keberadaan tiga Tuhan dalam agama Kristen nyata adanya. Karena demikianlah yang di ajarkan oleh bapa-bapa Gereja. Keyakinan akan adanya tiga Tuhan dalam agama Kristen tidak dapat serta merta hilang karena ucapan salah seorang kafir Kristen pemuja Yesus yang mengatakan Bible tidak pernah menyatakan Tuhan ada tiga. Orang-orang Kristen harusnya mengikuti yang bapa-bapa Gereja ajarkan, bukan menyelisihinya.

Oleh karena keyakinan akan keberadaan tiga Tuhan dalam agama Kristen nyata adanya, maka tidak tepat bagi siapa pun mengatakan bahwa umat Islam menuduh orang-orang Kristen mempunyai tiga Tuhan. Umat Islam menyatakan orang-orang kafir Kristen mempunyai tiga Tuhan karena Al-Qur’an juga menyatakan demikian. Dan itu bukan tuduhan. Kafir Kristen pemuja Yesus seharusnya menerima yang bapa-bapa Gereja telah ajarkan. Tidak perlu merasa malu mempunyai banyak Tuhan. Apalagi menuduh umat Islam telah salah mengatakan orang-orang Kristen mempunyai tiga Tuhan. Saya kira ada baiknya orang-orang Kristen dengan rendah hati mau mengakui kesalahannya dan bertobat serta berbalik kepada Allah Yang Esa.  

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Apa Benar Allah Itu Bukan Tiga?"

  1. Di lihat dari judulnya saja sudah terlihat kalau penulis Kristen tersebut percaya Tuhan itu ada tiga. Benar apa nggak, admin?

    ReplyDelete

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.