Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Lima Misteri Hajar Aswad Yang Belum Terungkap

Kafir Kristen pemuja Yesus menulis: Mencium Hajar Aswad (Batu Hitam) adalah salah satu ritual saat berhaji. Tentu ada arti dan makna mencium Hajar Aswad bagi umat Muslim. Tetapi mungkin masih ada misteri Hajar Aswad yang belum tersingkap hingga sekarang. Lima kebenaran tentang Hajar Aswad di bawah ini akan memperkaya pengertian kita mengenai peranannya dalam agama Islam.

1. Asal Batu Hitam Masih Misteri

Dari manakah Batu Hitam berasal? Hadis menulis bahwa “Hajar aswad turun dari surga …” (HR. Tirmidzi no. 877).  Namun, Sheikh Sha’rawi membantahnya, bahwa Batu Hitam itu adalah "… batu meteorit …" Sejarah membuktikan bahwa Batu Hitam, berasal dari Yaman, dan pertama kali muncul di Mekah pada jaman kakek Muhammad, yakni sekitar tahun 495-520 M.

2. Al-Quran Tidak Membicarakan Batu Hitam

Tidak ada satu pun ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang Batu Hitam. Karena itulah Umar ibn Khattab bingung. Dia berkata, “Memang aku tahu bahwa engkau hanyalah batu, ... Jika bukan karena aku melihat Nabi saw menciummu, aku tentu tidak akan menciummu” (Shahih Bukhari 1597).

3. Batu Hitam Adalah Sesembahan Penyembah Berhala

Sebelum Islam, para penyembah berhala menjadikan Batu Hitam sebagai berhala utama. Mereka menempatkannya di sudut pertama Kabah. Mereka menghormati Batu Hitam itu pertama kali, sebelum menghormati berhala-berhala lainnya. Maulana Yusuf Ali mengakui bahwa “…seluruh hijrah (berhala) diberi arti spiritual dalam Islam ...”

4. Ibrahim Dan Ismail Tidak Membawa Batu Hitam Ke Mekah

Ibrahim dan Ismail hidup sekitar 2000 tahun sebelum Isa Al-Masih. Waktu itu Mekah, Kabah, dan Batu Hitam belum ada. Batu Hitam, pertama kali muncul di Mekah sekitar tahun 495-520 M. Jadi jarak waktu keduanya lebih dari 2500 tahun.

5. Batu Hitam Dapat Menyebabkan Dosa Syirik

Batu Hitam adalah salah satu berhala orang Quraish yang dipercaya sebagai tuhan sang pencipta. Dalam Sirat Rasul Allah, Ibn Ishaq menuliskan bahwa, para penyembah berhala biasa mengadakan ibadah agama yang dinamakan Ihlal. Mereka mengucapkan “Labbaika, Allahumma, Labbaik” yang artinya “kami datang ke hadirat-Mu, wahai Tuhan; kami datang ke hadirat-Mu.” Lebih syirik lagi, Batu Hitam dipercaya sebagai “yamin Allah” (tangan Allah), yang mampu mengampuni dosa. Muhammad mengatakan "Sesungguhnya mengusap kedua-nya (Hajar Aswad dan Rukun Yamani) akan menghapus dosa"(Shahih Sunan an Nasaa-i, no. 2919). Mungkinkah mencium sebuah batu dapat mengampuni dosa? Ingat, dosa syirik adalah dosa besar yang tak terampuni. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, …(Qs 4: 48).

tanda tanya Misteri Hajar Aswad Sudah Tersingkap?

Jelas sebagian orang masih bingung mengapa Hajar Aswad masih mempunyai tempat dalam pikiran para Mukmin. Sulit mengerti manfaat Hajar Aswad. Bukankah semua sehati bahwa Hajar Aswad tidak dapat mengampuni dosa? Namun Allah menyediakan jalan pengampunan yang pasti berlaku bagi Anda!

Jawaban Saya:

1. Asal Batu Hitam Masih Misteri

Asal usul Hajar Aswad telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits sahih, yaitu berasal dari surga, Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Jarir dari 'Atha` bin As Sa`ib dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Hajar Aswad turun dari syurga dengan warna lebih putih dari susu kemudian berubah menjadi hitam karena dosa-dosa anak-anak Adam". (Abu Isa At Tirmidli RH) berkata; "Hadits semakna diriwayatkan dari Abdullah bin Amr dan Abu Hurairah." Abu 'Isa berkata; "Hadits Ibnu Abbas merupakan hadits hasan shahih." (Sunan Tirmidzi: 803). Hadits sahih serupa ini juga terdapat di Sunan Nasa’i: 2886, Musnad Ahmad: 2659, Musnad Ahmad: 2889, Musnad Ahmad: 3356, Musnad Ahmad: 5774, Musnad Ahmad: 13434.

Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan bahwa Sheikh Sha’rawi membantahnya. Kalau memang ada ucapan Sheikh Sha’rawi yang di anggap oleh kafir Kristen pemuja Yesus sebagai bantahan terhadap keterangan asal usul hajar aswad seperti yang telah disebutkan dalam hadits-hadits sahih di atas, harusnya dikutip secara keseluruhan ucapan Sheikh Sha’rawi tersebut, bukan hanya kutipan dua kata yang disebut berasal dari dia. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah tentang asal usul hajar aswad dengan mengambil Sampelnya. Jika muncul penyataan yang menyebutkan hajar aswad adalah batu meteorit, itu pastinya bersumber dari spekulasi orang-orang yang tidak mempercayai hadits sebagai sumber hukum setelah Al-Qur’an. Kafir Kristen pemuja Yesus juga berkata bahwa menurut sejarah hajar aswad berasal dari Yaman, dan pertama kali muncul di Mekah pada jaman kakek Muhammad, yakni sekitar tahun 495-520 M. Sejarah yang mana? Tolong diperjelas! Dengan penjelasan tentang asal hajar aswad yang amburadul seperti itu, masihkan kafir Kristen pemuja Yesus menolak jika yang mereka tulis itu disebut sebagai tuduhan?!

2. Al-Quran Tidak Membicarakan Batu Hitam

Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan bahwa tidak ada satu pun ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang Batu Hitam. Karena itulah Umar ibn Khattab bingung. Dia berkata, “Memang aku tahu bahwa engkau hanyalah batu, ... Jika bukan karena aku melihat Nabi saw menciummu, aku tentu tidak akan menciummu” (Shahih Bukhari 1597).

Hajar aswad memang tidak pernah disebut dalam Al-Qur’an, lalu apakah jikalau Al-Qur’an menyebutnya mereka akan jadi percaya? Kafir pemuja Yesus mengatakan Umar bin Khattab bingung ketika beliau berkata, “Sungguh aku mengetahui bahwa kamu hanyalah batu yang tidak bisa mendatangkan madharat maupun manfa'at. Namun kalau bukan karena aku telah melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menciummu tentu aku tidak akan menciummu”. Tidak, itu bukan bingung. Itu sikap yakinnya Umar bin Khattab bahwa hajar aswad hanyalah sebongkah batu yang tidak tidak dapat mendatangkan madharat dan manfa’at. Umar bin Khattab menciumnya adalah karena mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

3. Batu Hitam Adalah Sesembahan Penyembah Berhala

Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan bahwa sebelum Islam, para penyembah berhala menjadikan Batu Hitam sebagai berhala utama. Ini adalah tuduhan yang serius. Dan kalau mereka di sebut menuduh, kafir Kristen pemuja Yesus pasti akan menolak. Jika itu bukan tuduhan, lalu apa buktinya kalau hajar aswad adalah sesembahan penyembah berhala? Adakah keterangan tersebut dalam hadits-hadits sahih? Tidak ada! Atau adakah keterangan tersebut terdapat dalam sirah atau tarikh Islam? Tidak ada juga! Musyrikin Mekkah tidak pernah menjadikan hajar aswad sebagai sesembahan, tidak ada sesembahan Musyrikin Mekkah yang bernama hajar aswad. Bahkan kalau anda membaca sirah nabawiyah tentang penaklukan Mekkah, anda akan menemukan kisah bagaimana Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengeluarkan berhala-berhala dari dalam Ka’bah, di antara berhala-berhala itu ternyata ada gambar Yesus dan bunda Maria. Artinya, Yesus yang di anggap Tuhan oleh kafir Kristen adalah berhala kaum penyembah berhala.

Kafir Kristen pemuja Yesus kembali mencatut ucapan dari seseorang yang kali ini mereka sebut bernama Maulana Yusuf Ali. Ucapan yang di sebut dari Maulana Yusuf Ali itu juga dikutip hanya beberapa kata. Saya tidak kenal siapa sebenarnya Maulana Yusuf Ali, saya juga tidak tahu apakah yang dikutip oleh kafir Kristen pemuja Yesus itu benar-benar ucapan dari dia atau tidak. Jika kafir Kristen pemuja Yesus berniat dialog sehat dengan Muslim, harus disediakan sumber-sumber yang jelas dan valid, jangan seperti ini. Saya yakin, tuduhan kafir Kristen pemuja Yesus ini hanya bersumber dari situs-situs asing penghujat Islam.  

4. Ibrahim Dan Ismail Tidak Membawa Batu Hitam Ke Mekah

Ibrahim dan Ismail hidup sekitar 2000 tahun sebelum Isa Al-Masih. Waktu itu Mekah, Kabah, dan Batu Hitam belum ada. Batu Hitam, pertama kali muncul di Mekah sekitar tahun 495-520 M. Jadi jarak waktu keduanya lebih dari 2500 tahun. Pengulangan dari yang pertama. Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan bahwa sejarah membuktikan hajar aswad berasal dari Yaman, dan pertama kali muncul di Mekah pada jaman kakek Muhammad, yakni sekitar tahun 495-520 M. Pertanyaan saya, bukti sejarah yang mana? Apakah mereka mengira akan sangat mudah menipu umat Islam semudah mereka menipu saudara-saudara mereka?!

5. Batu Hitam Dapat Menyebabkan Dosa Syirik

Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan hajar aswad adalah salah satu berhala orang Quraisy yang dipercaya sebagai Tuhan sang pencipta. Tuduhan ini sudah saya jawab bahwa itu tidak benar. Karena Musyrikin Mekkah tidak pernah menjadikan hajar aswad sebagai sesembahan dan tidak ada sesembahan Musyrikin Mekkah yang bernama hajar aswad. Riwayat dhaif (lemah) yang menyebut tentang hajar aswad sebagai sesembahan orang-orang Musyrik saja tidak ada, apalagi riwayat yang shahih. Dengan culas juga, kafir Kristen pemuja Yesus memotong lafazh talbiyah seenak jidatnya sendiri. Lafazh talbiyah yang seharusnya “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu)”. Di penggal oleh kafir Kristen pemuja Yesus hanya “Labbaik Allahumma labbaik”. Kalimat Talbiyah itu di ditujukan kepada Allah pemilik ka’bah, bukan untuk ka’bah atau hajar aswad. Apakah yang disebut Allah dalam kalimat talbiyah itu adalah ka’bah atau hajar aswad? Tidak! Musyrikin Mekkah saja tidak pernah memanggil atau menganggap ka’bah dan hajar aswad sebagai Allah, apalagi seorang Muslim.

Kafir Kristen pemuja Yesus mengatakan lebih syirik lagi hajar aswad di percaya sebagai tangan Allah. Memang ada hadits yang menyebut hajar aswad sebagai tangan Allah, tetapi itu berasal dari hadits dhaif yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah, “Ketika ia sampai dirukun Hajar Aswad, ia berkata; 'Wahai Abu Muhammad, apa yang engkau ketahui jika sampai di sini?.' Atha` berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Hurairah bahwa ia mendengar Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda: 'Siapa yang berusaha sesungguhnya ia berusaha menggapai tangan Ar Rahman.' (Sunan Ibnu Majah: 2948). Kenapa hadits ini masuk kategori hadits dhaif (hadits lemah)? Karena di dalam hadits ini terdapat seorang yang bernama Humaid bin Abii Suwaid, yang dikenal oleh para ahli hadits sebagai perawi majhul (tidak dipercaya).



Kafir Kristen pemuja Yesus juga menuduh umat Islam meyakini hajar aswad dapat mengampuni dosa. Sekarang, mari kita baca kembali haditsnya (Sunan Nasa’i: 2870). Di situ Rasulullah SAW hanya berkata bahwa mengusap hajar aswad dapat menghapus dosa, bukan berkata hajar aswad dapat mengampuni dosa. Lihat betapa kejinya tuduhan mereka. Terhapusnya dosa karena mengusap hajar aswad adalah sebagai balasan Allah SWT kepada mereka yang beramal shaleh. Bukan hanya dengan mengusap hajar aswad saja Allah SWT membalas dengan penghapusan dosa, tetapi dengan amal-amal shaleh lainnya, Allah SWT juga memberikan balasan dengan penghapusan dosa, misalnya puasa Arafah dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu dan yang akan datang (Shahih Muslim: 1977), Shalat lima waktu dapat menghapus semua kesalahan (Shahih Bukhari: 497), sabar terhadap musibah juga dapat menghapus dosa (Shahih Bukhari: 5209), dan banyak amal Shaleh lainnya yang Allah akan mengganjar pengamalnya dengan penghapusan dosa. Jadi, yang menghapus dosa di sini adalah Allah SWT dengan lantaran seorang Muslim beramal saleh, bukan hajar aswad, puasa, atau shalatnya.

Kafir Kristen pemuja Yesus sangat iri dengan Islam. Dalam agama Islam, seorang Muslim mudah memperoleh pengampunan. Setiap amal shaleh yang dilakukan, selain memperoleh pahala di sisi Allah SWT, juga akan menghapuskan dosa pengamalnya. Tidak perlu menyiapkan korban penebusan dosa. Sedangkan bagi seorang pemuja Yesus, mereka harus mengkorbankan Tuhan yang selama ini mereka puja. Keyakinan umat Islam terhadap penghapusan dosa karena mengerjakan amal-amal shaleh jelas menghalangi penyesatan yang kafir Kristen lakukan. Jika hanya dengan beramal shaleh dapat menghapus dosa, untuk apa umat Islam mencari penebusan dosa di luar agama Islam. Selama seorang Muslim beriman dan beramal shaleh, selama itu pula dagangan para kafir Kristen pemuja Yesus tidak akan pernah laku. 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Lima Misteri Hajar Aswad Yang Belum Terungkap"

  1. SIAP-SIAP MENINGGALKAN ISLAM SEBELUM KIAMAT.

    BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
    Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini adalah alloh?
    Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?

    SADAR ATAU TIDAK SADAR SABDA INI DILAKUKAN AKAN MENGANTARKAN ANDA KE NERAKA.
    SABDA INI DIBACA HARUS MEMAKAI KACA PEMBESAR AGAR JELAS ARTINYA.
    sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa.” (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran..” (QS.Al-Baqarah : 109)

      Delete
    2. Dan berkatalah orang-orang kafir kepada orang-orang yang beriman: "Ikutilah jalan kami, dan nanti kami akan memikul dosa-dosamu", dan mereka (sendiri) sedikitpun tidak (sanggup), memikul dosa-dosa mereka. Sesungguhnya mereka adalah benar-benar orang pendusta.(QS.Al-Ankabut: 12)

      Delete
  2. Admin says:

    Di situ Rasulullah SAW hanya berkata bahwa mengusap hajar aswad dapat menghapus dosa

    Nanya:

    Apakah benar seoongok batu bisa menghapua dosa..??

    Sungguh tidak logis kepercayaan Islam... Heee....

    Bandingkan dengan Kristen, baca neh :

    Yohanes 1:29
    Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

    Jadi lebih logis Kristen yang mempercayai Yesus yang menghapus dosa daripada seoongok batu...!!

    Tul gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca yang benar, jangan cuma baca sepotong-sepotong. Sudah saya jelaskan,
      terhapusnya dosa karena mengusap hajar aswad adalah sebagai balasan Allah SWT kepada mereka yang beramal shaleh. Jadi, yang menghapus dosa di sini adalah Allah SWT dengan lantaran seorang Muslim beramal saleh, bukan hajar aswad, puasa, atau shalatnya yang menghapus dosa.

      Manusia yang berdosa tetapi Tuhan yang di minta menebusnya, letak logisnya di mana ya, mas?!

      Delete
  3. sekarang gak usalah sok pintar semua...lihat aja besok di hari pembalasan ....yang jelas islam itu ada dan semua hadis dan alquran telahjelas ...tidak ada penambahan kata maupun memalsukan bahka merusak karna janji Allah SWT telah jelas...Kelak manusia akan di minta pertanggung jawabkan semasa hidup di dunia...Lihat Aja Bunyi Cerita Di Alquran Nabi Muhammad SAW PErnah Membelah Bulan ? ??? Yang Selama Ini Selalu Di Cemoohkan Ternyata Terbuktikan Oleh NASA yang Bahwa Sanya Bulan PErnah Terbelah....OM Dan Tante-Kita lihat AJA lah IMAM MAHDI Pasti Akan DATANG ...DI SITU KALIAN YANG SELALU MENGHINA ISLAM AKAN SADAR >>>Maslah Batu HAJAR ASwad KAn TElah Di Ceritakan DI HAdist Bahwa NAbi Muhammad SAW Mencium Batu Dan Mengusap Batu ...Wajar Kita Mengikuti Teladan Nabi Muhammad SAW Sebagai Tuntunan Umad Islam...Islam Mengajarkan Mudah Mendapat Pahala Dan Mudah Untuk Memfaafkan Keslahan ...Caranya ??? 1.Dengan BAca Bismillahirahmannirohim aja udah dapat paha .2.Mengerjakan Shalat (Dapat Ketenangan Jiwa,Dapat Pahala ,Dan Pengampunan Dosa DAn DLL). nah maslahnya kan batu ya kan?? batu hajar aswad itu dulu putih asal kalian tau....gara gara banyak yang kafir makanya batu itu menjadi hitam wajar dari jaman nabi ibrahim sampai sekarang...dan itu semua ada di hadist dk main main saya mengatakan ,,,,ada surat yang mengatakan "agama mu ya agamu ...agamaku ya agamaku.."..jadi tolong jangan mengolok olok agama...kelak kita akan mati jadi kita lihat apakan agama mu mengajarkan kamu sesat apa tidak...yang jelas saya sudah mendapat hidayah karna apa...waktu saya lahir sampai umur saya dewasa saya telah mengucapkan janji dan sumapah yaitu"ashaduallaillahaillauloh waashaduannamuhammadarasululoh"Tiada Tuhan Selain Allah Dan Nabi Muhammad SAW Utusan Allah...SAya Percaya SAya Akan Masuk Neraka KArna Manusia Punya Dosa TApi......setelah Dosa SAya Di Balas dan Terhapus Di Neraka... SAya Akan MAsuk Sorga ...Karna ITU JAnji ALLAH SWT Kepada Hambanya Yang Percaya Kepada ALLAH SWT DAN Percaya PADA NABI dan ROSUL seperti Rukun IMAN dan ISLAM Yang UMAT Islam Ketahui....BArang Siapa Yang Tidak Di Jalan Islam Niscaya Allah Akan Masukan Mereka Ke Neraka Dan Kekal di Sana ...Dan Itu Pasty....Wasalam

    ReplyDelete
  4. Neraka itu kekal...jika orang sdh masuk neraka tdk satupun bisa keluar dari sana...

    ReplyDelete
  5. Neraka kekal hanya untuk orang-orang kafir dan musyrik. Sementara orang-orang beriman, jika pun masuk neraka, mereka masuk neraka untuk membersihkan dosa-dosa.

    ReplyDelete
  6. Dalil kristen yg ambigu berasal dr kitab yg palsu stl diteluti oleh para pakar teologi kristen sendiri terutama kitab karangan dg nickname yohanes.
    Hanya 18% yg asli & 82% diragukan dr isi bible yg ada sekarang ini.
    Isiny ambutadul, bnyak kontradiksi, cerita porno dst.

    Jd kalo kalian kaum kristen masih percaya doktrin penebusan dosa yg palsu alias pepesan kosong.

    Di angan2 mu, ajaran (dogma/doktrin) ini lbh enak krn hedonis (duniawi) walaupum sesat & menyesatkan.
    Bisa melakukan semua maksiat tanpa takut dosa, tdk usah sunat, makan babi, ritual ibadahnya "asyiik abizz" joget, nyanyi2, minum anggur/tuak, khutbah berkoar2 ludah ampe muncrat spt org kesurupan "roh demit" dan yg PALING MENGHEBOHKAN adalah dijamin masuk "surga palsu" nya IBLIS (raja setan tukang tipu) alias "pepesan kosong" melalui kisah tragedi penyaliban yg diselewengkan jd dongeng doktrin "Penebusan Dosa" (dongeng hiburan bagi kaum pendosa & maksiat).

    ReplyDelete
  7. Qs. Al-Mā'idah:3 - Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
    Qs. Al-Mā'idah:15-16
    "Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus"
    Saran : banyak2 membaca dan memahami Injil dengan keseluruhan karena apabila anda (nasrani) paham akan itu maka sesungguhnya anda akan menemui kebenaran dan jalan yang lurus. Jangan hanya mendengarkan dogma semata. Hal itu lah yang dijelaskan dalam Al Quran.

    ReplyDelete

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik, seperti menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.